Rabu, 16 Desember 2009

resume buku "nasihat untuk para wanita"

Judul : Nasihat untuk Para Wanita

Penulis : Dr. Najaat Hafidz

Penerjemah : H. Salim Basyarahil

Penerbit : Gema Insani Perss

Cetakan : kelima, Syawal 1411 H - Mei 1991 M

1si :78 lembar

Dalam karyanya Dr Najaat Hafidz mempersembahkan buah pikiranya untuk anaknya khususnya putrinya yang bisa saja putri kandungnya, saudaranya atau semua putri-putri di seluruh dunia. Harapanya agar menjadi seorang muslimin yang sholehah.

Untuk menuju muslimah sholehah, penulis membekali setiap kepribadian dengan 5 sifat mutlak dimiliki, yakni : keimanan terhadap Allah, Keikhlasan untuk Allah, membela kebenaran dan meninggikan kenikmatannya, sabar atas semua yang menimpa dan tawakal, rasa optimis dengan kebaikan dan kebenaran.

Kelima sifat di atas sangat sulit untuk dilaksanakan, maka penulis memaparkan 5 kerja yang harus selalu di jalankan agar ketakwaan mengiringi berbagai kegiatan kerja, yakni : janji setia kepada Allah, senantiasa takut kepada Allah SWT , melakukan intropeksi, menghukum diri sendiri, berusaha bersungguh-sungguh memperbaiki diri.

Uraian yang dipaparkan sangat indah dan memberi semangat tinggi kepada para pembacanya, hanya saja setiap kalimat demi kalimat mengandung arti yang sangat dalam, sehingga terasa berat dan memerlukan konsentrasi penuh. Untuk usia saya yang belia dan suka sesuatu yang singkat dan praktis, buku ini terasa agak membingungkan dan harus mencoba membuka lagi halaman belakang untuk memahami halaman depan.

Sebagai bahan pembanding, saya coba paparkan buku dengan judul Surat “Terbuka Untuk Para Wanita”. Dalam bab pandangan islam terhadap kaum wanita, karya Sayyid Qutb dan Umar Tilmarsari. Dalam al-quran surat 33 ayat ke 35 dengan jelas Allah mendudukan wanita dan laki-laki dalam persamaan peribadahan dan adanya perbedaan

sesuai kodrat. Allah memberi kedudukan yang tinggi dan mulia untuk wanita, memiliki hal yang dapat diperjuangkan dan kewajiban yang harus ditunaikan. Ingatlah surga itu ada di bawah telapak kaki ibu, yakni wanita.

Ketiga penulis di atas, mengajak para wanita untuk berjuang membel kehormatan dan berkarya sesuai dengan keahlian dan kemampuan.

Sabrina Hanum

IPA 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar